Home > Strategic Management > Five Forces Model Porter

Five Forces Model Porter

Minggu lalu 9 Januari 2009 kelompok Gw dapat giliran presentasi tentang analisi penggunaan IT di RS Pertamina Jaya(RSPJ). Gw dapat kebagian utk analisis menggunakan Five Forces Model Porter. Analisis ini dikemukan oleh Michael E. Porter. Five Forces Model Porter adalah strategi bisnis yang digunakan untuk melakukan analisis dari sebuah struktur industri. Analisis tersebut dibuat berdasarkan 5 kekuatan kompetitif yaitu:

1. Masuknya Kompetitor. Bagaimana Cara yang mudah atau sulit untuk kompetitor baru untuk mulai bersaing industri yang sudah ada

2. Ancaman Produk atau Jasa pengganti. Cara mudah masuknya produk atau jasa yang dapat menjadi alternatif dari produk atau jasa yang sudah ada, khususnya yang dibuat dengan biaya lebih murah.

3. Daya tawar dari pembeli. Bagaimana kuatnya posisi pembeli. Pembeli mempunyai kekuatan utk menentukan kemana dia akan melakukan transaksi.

4. Daya tawar dari supplier. Bagaimana kuatnya posisi penjual. Apakah ada banyak supplier atau hanya beberapa supplier saja, bisa jadi mereka memonopoli supply barang.

5. Persaingan di antara pemain yang sudah ada. Bagaimana kuatnya persaingan diantara pemain yang sudah ada.Apaka ada pemain yang sangat dominan atau semuanya sama.

Kadang ditambahkan kekuatan kompetitif yang ke-enam yaitu:

6. Pemerintah

porter5forces3

Five Forces Model Porter merupakan salah satu yang paling sering digunakan dalam strategi bisnis. Model ini telah banyak digunakan dalam berbagai macam kesempatan. Model Porter ini sangat kuat baik dari dalam maupun luar industri.

Mari kita bahas hal2 yang mempengaruhi kelima kekuatan tadi:

Ancaman Kompetitor baru tergantung pada:

-Skala ekonomis
-Modal utk investasi
-Akses utk distribusi
-Akses ke teknologi
-Brand loyalty, apakah pelanggan setia dengan brand tertentu
-Peraturan Pemerintah

Ancaman dari Produk, Jasa pengganti tergantung pada:

-Kualitas, Apakah kualitas pengganti tersebut lebih baik atau tidak?
-Keinginan pembeli utk beralih ke produk jasa pengganti
-Harga dan performa dari produk jasa pengganti
-Biaya utk beralih ke produk jasa pengganti. Apakah mudah utk mengubah ke produk lain.

Daya tawar dari pembeli, tergantung pada:

-Konsentrasi dari pembeli, apakah ada pembeli yang dominan atau banyaknya penjual.
-Diferensiasi dari produk, apakah produk tersebut standar atau tidak
-Profitabilitas pembeli
-Kualitas dari produk dan service
-Perpindahan biaya, seberapa mudah pembeli untuk beralih ke pemasok lain

Daya tawar dari Supplier tergantung pada:

-Konsentrasi dari supplier, Apakah banyak pembeli dan sedikit supplier
-Brand, apakah brand supplier tersebut sudah kuat
-Profitabilitas Supplier
-Pemasok masuk ke dalam industri cth produsen mengatur sendiri gerai ritelnya
-Pembeli tidak berpindah ke supplier yang lain.
-Kualitas dari Produk dan service
-Perpindahan biaya, seberapa mudah pemasok untuk mencari pelanggan baru

Persaingan di antara pemain yang sudah ada tergantung pada:

-Struktur dari kompetisi, persaingan akan semakin hebat apabila terdapat banyak industri kecil atau memiliki ukuran yang sama antar kompetitor. Sebaliknya apabila industri telah memiliki pemimpin pasar maka persaingan akan sedikit.
-Struktur dari biaya di industri. Industri yang memiliki biaya yang tinggi akan mendorong kompetitor utk menghasilkan produk dan jasa yang lebih murah.
-Tingkat diferensiasi produk. Industri yang produknya adalah komoditas biasanya akan memiliki persaingan yang besar.
-Perpindahan biaya. Persaingan akan berkurang apabila pembeli telah beralih ke biaya tinggi.
-Tujuan strategis, Jika kompetitor mengejar pertumbuhan dengan agresif maka persaingan akan semakin besar
-Ketika hambatan utk meninggalkan industri semakin tinggi maka persaingan akan semakin besar.

Apa sih manfaat dari Five Forces Model Porter ini?

-Model ini merupakan alat yang kuat utk analisis kompetitif di tingkat industri
-Memberikan input yang berguna untuk melakukan Analisis SWOT

Ok dech, moga postingan ini bermanfaat bagi orang2 yang membutuhkan.

About these ads
  1. jane
    January 14, 2009 at 6:05 pm

    kiki masih kuliah toh…
    dimana kulnya?

  2. kikisaragih
    January 22, 2009 at 5:15 am

    @jane
    Masih kul di Binus jurusan Sistem Informasi
    thanks uda singgah:)

  3. iRuL_SI 05
    February 9, 2009 at 1:02 pm

    Thanks post ny bro,,
    Aku jjg kul jur Sistem Informasi nih..

  4. iRuL_SI 05
    February 9, 2009 at 1:04 pm

    Perusahaan Indonesia yang dah pake model Porter ada ga y?

  5. February 10, 2009 at 5:10 pm

    @iRuL_SI 05: kul dimana bro? konsep Five Forces Model Porter memungkinkan Perusahaan utk melihat bisnis mereka terhadap ancaman dalam menjalankan bisnis. Sebenarnya Perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, pasti tidak terlepas dari konsep Five Forces Model Porter, cuma dalam penerapannya sekarang ini, sudah menggunakan istilah-istilah yang berbeda seperti Promosi, Iklan, inovasi, Cost Competitiveness dll. Yang tujuannya kurang lebihnya seperti yang diutarakan oleh Porter

  6. septiana
    March 25, 2009 at 3:31 am

    Salam Perundingan=)
    Thanks b4
    penjelasan tentang Hary Porternya berguna banget,
    pernah buat analisis SWOT??
    Hehe

  7. kikisaragih
    March 25, 2009 at 8:55 am

    @septiana
    Hary Porter ini Professor beneran loh sep he..he..:)
    Analisis SWOT pernah buat semester kemaren, ditunggu az ya postingannya

  8. febri
    October 14, 2009 at 12:47 pm

    itu pengertian konsepnya sama dengan konsep 5 daya persaingan porter gak?

  9. davinaquu
    February 23, 2010 at 2:43 pm

    emm makasih yagh five force model nya…gw tunggu posting berikutnya…
    gw tertarik ne blajar sistem!

  10. Emeraldy
    March 22, 2010 at 7:32 am

    menurut gw yah nih,

    Sebenarnya sih five force porter ini cuma sekedar alat analisis ajah…buat nge-photo sebuah industri secara keseluruhan….setau gw sii klo kita mo ngeliat gambaran sebuah industri secara keseluruhan kita bisa pake alat analisis 5 force porter ini, tapi stau gw kita ga bisa pake atau kurang tepat lah kalo pake alat analisis ini untuk ngeliat posisi sebuah perusahaan dalam suatu industri…

    kalo mo ngeliat sebuah posisi sebuah perusahaan di dalam suatu industri, mnurut gw lebih tepat klo pake model Boston Consoulting Group (BCG), disitu kliatan posisi perusahaan kita di sebuah industri tuh kaya gimana….slaen analisis SWOT yah yang dah banyak yg make…

    yaaahhh, itu siii stau gw…sekedar share pengetahuan ajah….masi sambil blajar juga siihh niih…hwehwehwe

  11. sugeng
    March 23, 2010 at 3:09 pm

    mantab bro… tq ya atas informasi dan postnya…
    bermanfaat banget nih bwt saya…. saya juga ambil jurusan sistem informasi di universitas tarumanagara ( untar ) hehehe

    tq ya bro…

  12. sofie
    March 26, 2010 at 6:15 am

    thanx yaaa… :D

  13. April 7, 2010 at 11:29 am

    thank you!! sangat membantu untuk report saya :d

  14. kikisaragih
    September 16, 2010 at 3:15 pm

    @cntoma, sofie : u’r wellcome:)

  15. akbar_thevi
    December 21, 2010 at 1:25 am

    wah informasinya sngat bagus?TQ

  16. December 21, 2010 at 10:34 am

    this is very good…

  17. kikisaragih
    December 22, 2010 at 5:25 am

    @akbar : thx yah sudah berkunjung:)

  18. March 23, 2011 at 3:49 am

    ehm,. terima kasih atas penjelasannya nyag tentang Five Force Model POrter

  19. kikisaragih
    March 23, 2011 at 3:52 am

    u’r wellcome. Thanks for visit:)

  20. ane
    May 1, 2011 at 10:59 am

    mohon disertai dengan contoh

  21. July 16, 2011 at 3:11 am

    perusahan bisnis yang menggunakan model five force porter ini apa sech contohnya? terus, dorongan strategi apa yang harus ditangani oleh perusahaan tersebut agar perusahaan tersebut tetap bertahan?

  22. September 24, 2011 at 4:26 pm

    saya pengin tanya bagamana sih caranya analisa dari 5 kekuatan industri otomotif di indonesia menggunakan five force model porter??

  23. tonnii
    February 29, 2012 at 11:55 am

    ica – faiz…

    five forces porter itu tujuannya adalah untuk menganalisa industri
    contoh : misalkan industri otomotif

    dilihat dari beberapa faktor yang sudah tertera diatas
    nah disitu ada dimensi-dimensi nya kan dari masing-masing 5 forces
    setelah itu di buat skala 1-5 bagaimana dimensi tersebut

  24. June 13, 2012 at 1:07 pm

    saya mau tanya sumber ttg porter ini dapat dari buku dgn nama penulisnya siapa ya?saya butuh utk pjelasan lgkpnya dari sumber bukunya..hhe

  25. dolfi
    July 1, 2012 at 9:44 am

    Halo,
    apakah ada metode atau prosedur untuk mengaplikasikan “five forces model” terhadap suatu industri tertentu? adakah satuan/ ukuran untuk melihat seberapa besar salah satu komponen struktur industri sehingga bisa kita katakan kalo (misal) bargaining of the customer pengaruhnya kuat atau lemah.

    Thanx before
    Dolfi

  26. linda
    February 6, 2013 at 3:38 am

    tks ya…..kepake banget banget banget nii buat tugas ni.

  27. talia
    June 11, 2013 at 2:55 pm

    thank you post’nya, sangat membantu !! (y)

  28. rizwan
    October 25, 2013 at 11:44 am

    bagaimana nak kaitkan tajuk nih dgn industri telekomunikasi… mohon penjelasan

  29. November 11, 2013 at 5:43 am

    pas banget buat gw..kebetulan lagi buat tugas….tkz infonya…:)

  1. June 9, 2010 at 4:18 am
  2. August 7, 2011 at 11:00 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: